Tahun 2014, Pemkab Maros Anggaran Rp50 Miliar untuk Pendidikan

Tahun 2014, Pemkab Maros Anggaran Rp50 Miliar untuk Pendidikan

Maros – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros menganggarkan sedikitnya Rp50 miliar untuk pendidikan. Anggaran pendidikan ini khusus bidang sarana dan prasarana pendidikan.

Bupati Maros HM Hatta Rahman tinjau sekolah beberapa waktu lalu. (Foto: Humas Pemkab Maros)

Bupati Maros HM Hatta Rahman menuturkan, anggaran Rp50 miliar ini diperuntukkan bagi peningkatan dan perbaikan sarana  prasarana sekolah seperti mutu dan fisik sekolah.

Anggaran tahun 2014 ini berasal dari Dana Alokasi Khusus (DAK), Dana Insentif Daerah (DID) dan Dana Alokasi Umum (DAU) juga anggaran dana sharing Pemkab Maros. Perbaikan mutu dan rehabilitasi sekolah ini untuk tingkat Taman Kanak-kanak, SD, SMP, SMA sederajat dan swasta.

“Anggarannya hampir sama dengan tahun lalu, memang DID tahun ini turun sekitar Rp3 miliar tapi DAK naik sebesar Rp3 miliar. Tapi keduanya peruntukannya sama, yakni untuk peningkatan mutu dan rehabilitasi sekolah,” ujarnya, Selasa (7/1/2014).

Untuk nilainya, bekisar antara Rp1 miliar hingga Rp2 miliar per sekolah. Tahun 2013 lalu, anggaran yang cukup besar yakni rehabilitasi dan perluasan area SMA Negeri 1 Maros di Turikale yang menelan biaya sebesar Rp5 miliar dan telah selesai.

Tahun ini, Pemerintah juga akan membantu rehabilitasi bangunan beberapa perguruan tinggi di Maros seperti kampus II Yapim Maros. Sebelumnya tidak aturan yang membolehkan pemerintah daerah membantu perguruan tinggi namun tahun ini sudah bisa dilakukan karena aturannya sudah ada.

Terkait hal ini, Kepala Bidang Sarana dan Prasarana Dinas Pendidikan Maros, Andi Ato Palewai mengatakan untuk jumlah sekolah yang akan direhabilitasi menunggu petunjuk teknis (juknis) turun.

Dalam juknis itu nantinya disebutkan apa saja yang yang akan direhabilitasi sehingga belum bisa diketahui pasti jumlah sekolah yang akan direnovasi atau rehabilitasi.

Namun, sekolah yang dipastikan akan direhabilitasi yakni SMA 14 Moncongloe, penyelesaian bangunan SD Negeri 3 Turikale, penambahan ruang kelas SMK 1 Lau serta revitalisasi SMA 9 Simbang ke daerah yang lebih strategis mengingat lokasi saat ini sangat jauh dari pusat Kecamatan Simbang.

Selain itu juga akan direnovasi beberapa Unit Pelaksana Teknis Daerah (UPTD) Dinas Pendidikan, pemasangan paving blok lapangan upacara dan pembangunan pagar sekolah.

Sedangkan untuk peningkatan mutu pendidikan, yakni pengadaan buku pelajaran dan alat peraga, ini menunggu Juknis dari Pemerintah pusat. (Humas)

Tags: Anggaran


Leave a Reply

Kabar Terbaru