Posko Induk Penanggulangan Bencana Maros Diresmikan

Posko Induk Penanggulangan Bencana Maros Diresmikan

Maros – Gubernur Sulsel H Syahrul Yasin Limpo didampingi Bupati Maros HM Hatta Rahman dan Wakil Bupati Maros HA Harmil Mattotorang, meresmikan posko induk penanggulangan bencana Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Maros, di jalan Asoka, Senin (20/1/2014).

Peresmian posko induk penanggulangan bencana Kabupaten Maros. (Foto: Ilham)

Peresmian ini disaksikan Wakil Ketua DPRD Maros AS Chaidir Syam, muspida dan pejabat lainnya, peresmian ditandai dengan penandatanganan prasasti dan pengguntingan pita.

Menurut Gubernur Sulsel, dirinya tidak menyangka Kabupaten Maros lebih siap dalam menghadapi bencana, bila dibandingkan dengan daerah lain. Menurutnya, hal ini dianggap perlu, karena musibah dan bencana bisa datang kapan saja, tanpa memilih tempat dan waktu.

“Setelah saya memantau banjir di beberapa daerah beberapa hari terakhir ini saya melihat Maros lebih siap menghadapi bencana dibanding daerah lainnya. Saya berharap Maros bisa menjadi penyangga kota Makassar yang dapat mengantisipasi terjadinya bencana alam, seperti angin puting beliung, banjir dan kebakaran,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, diberikan bantuan tiga ton beras untuk korban bencana banjir dan puting beliung di Maros. Juga satu unit perahu karet kepada BPBD Maros.

Sementara Bupati Maros, Ir. H.M. Hatta Rahman, MM., menjelaskan proses pembangunan posko bencana ini berjalan dua tahun, mulai tahun 2012, Maros membebaskan lahan dengan menelan dana Rp236 juta.

Kemudian di tahun 2013 pembangunan kantor menghabiskan anggaran Rp689 juta dan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah 2013. Tahun 2014 Pemkab Maros kembali mengalokasikan anggaran untuk pembangunan posko induk Rp500 juta dan gudang Rp400 juta,” paparnya.

Selain itu, tahun 2014 ini Pemkab Maros mendapat alokasi anggaran dari Dirjen PUM untuk pembangunan kantor BPBD sebesar Rp1,5 miliar. (*)

Tags: Siaga Bencana


Leave a Reply

Kabar Terbaru