Pagu ADD untuk 80 Desa di Maros Diserahkan

Pagu ADD untuk 80 Desa di Maros Diserahkan

Maros – Sebanyak 80 desa se Kabupaten Maros menerima pagu anggaran Alokasi Dana Desa (ADD) tahun 2014. Jumlah ADD tahun ini sebesar Rp20 miliar atau meningkat Rp5 miliar dibanding tahun 2013 yang berjumlah Rp15 miliar.

Bupati Maros HM Hatta Rahman menyerahkan pagu anggaran ADD untuk para kepala desa. (Foto: Ilham)

Menjawab keluhan kepala desa terkait belanja rutin, maka Pemkab Maros menerapkan penyetaraan jumlah belanja rutin untuk semua desa yakni Rp36 juta setahun. Sebelumnya setiap desa memiliki besaran belanja rutin yang berbeda-beda.

Sedangkan untuk jumlah pagu ADD tahun ini indikatornya dirubah, tidak lagi terfokus pada luas wilayah tapi juga berdasarkan kebutuhan dan wilayah yang masih dianggap terbelakang.

Bupati Maros HM Hatta Rahman saat menyerahkan pagu anggaran ADD ini di aula Rumah Jabatan Bupati Maros, Rabu (29/1/2014), mengatakan tahun ini ada beberapa perbaikan terhadap penggunaan ADD. Kalau sebelum-sebelumnya penentuan besaran pagu anggaran hanya berdasarkan jumlah penduduk dan luas wilayah.

“Sekarang kita bagi lebih proporsional, misalnya daerah yang dianggap masih terbelakang diprioritaskan juga seperti daerah pegunungan Mallawa dan pesisir seperti Maros Baru,” jelasnya.

Sedangkan menurut Kepala Bidang Pemerintahan Desa, Badan Pemberdayaan Masyarakat Desa dan Kelurahan (PMDK) Kabupaten Maros, Andi Muchsin, masih ada 19 desa yang pertanggung jawabannya tahun 2013 belum masuk. Ke 19 desa tersebut adalah Desa Baji Mangai Kecamatan Mandai.

Desa Cenrana dan Benteng Kecamatan Camba, Desa Tupabiring, Salenrang, Minasaupa, Pajukukang, Bontobahari dan Ampekale Kecamatan Bontoa. Kemudian Desa Allaere dan Damai Kecamatan Tanralili, Desa Tellupoccoe dan Temmapadduae Kecamatan Marusu.

Serta Desa Bontosomba, Pucak, Bontomanai, Desa Tompobulu Kecamatan  Tompobulu. Juga Desa Marannu dan Bontomarannu Kecamatan Lau. (Alfi)

Tags: ADD, Kades


Leave a Reply

Kabar Terbaru