Pemkab Maros Pawai Hijratul Rasul

Pemkab Maros Pawai Hijratul Rasul

Maros – Menyambut tahun baru Islam 1 Muharram 1435 Hijriah, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros menggelar Pawai Hijratul Rasul yang berpusat di Lapangan Pallantikang, belakang kantor Bupati Maros, Selasa (5/11/2013).

Bupati Maros HM Hatta Rahman Melepas Peserta Pawai Pawai Hijratul Rasul. (Foto: Humas Pemkab Maros)

Pawai melibatkan organisasi masyarakat (ormas) Islam dan siswa dari sekolah Islam, merupakan salah satu syiar Islam bagi masyarakat Maros. Pawai ini mengingatkan proses hijrah Rasulullah SAW dari Mekkah ke Madinah.

Didominasi pakaian putih-putih peserta pawai mengelilingi kota Turikale sambil membawa kantong plastik untuk diisi sampah yang ditemukan di jalan.

Sebagai reward dari pungut sampah ini, tiap perwakilan ormas ataupun sekolah dihitung jumlah kantong perolehan sampahnya. Tiap kantong senilai Rp 50 ribu dan dinilai langsung oleh Bupati Maros dan Wakil Bupati Maros.

“Kebersihan adalah bagian dari iman, kita ingin perayaan tahun baru Hijriah ini tidak hanya sekedar jalan tapi juga bermanfaat khususnya kebersihan. Biasanya pawai seperti ini justru peserta pawai yang membuang sampah sembarangan misalnya botol air mineral tapi kali ini justru kita turut membersihkan jalan yang dilalui,” jelas Bupati Maros HM Hatta Rahman.

Malam sebelumnya, Pemkab Maros juga menggelar malam bina iman dan taqwa (Mabit) di mesjid Almarkas Maros. Dilakukan zikir bersama dan ceramah dengan menghadirkan AGH Sanusi Baco sebagai penceramah. Ratusan masyarakat Maros mengikuti zikir bersama ini. (Ilham/Alfi)

Tags: Jalan Santai


Leave a Reply

Kabar Terbaru