Bupati Maros Siap Terapkan Ilmu dari Harvard

Bupati Maros Siap Terapkan Ilmu dari Harvard

Maros – Usai mengikuti pelatihan pendidikan eksekutif bersama 20 Bupati dan walikota se-Indonesia di Harvard Kennedy School Amerika, Bupati Maros HM Hatta Rahman akan menerapkan ilmu yang didapatnya dalam pelatihan tersebut.

Bupati Maros HM Hatta Rahman bersama 20 Bupati dan Walikota se-Indonesia di Harvard Kennedy School Amerika. (Foto: Ist.)

Hal ini diungkapkannya saat memberi sambutan dalam peringatan Hari Sumpah Pemuda, Senin (28/10/2013) lalu.

Bukan hanya ilmu yang diperolehnya saat pelatihan, tapi beberapa kebiasaan warga Amerika juga patut dicontoh. Seperti bagaimana warga Amerika menjaga kebersihan, kedisiplinan dalam bekerja maupun kehidupan sehari-hari serta semangat yang dimiliki.

“Banyak kebiasaan warga Amerika yang patut kita contoh khususnya tentang kedisiplinan. Insya Allah nanti Pemerintah Kabupaten Maros akan menerapkannya. Semoga kita masyarakat Maros khususnya pegawai lingkup Pemkab Maros dapat mengadopsinya,” paparnya.

Dia juga menuturkan, dalam bidang pertanian Amerika sangat maju. Meski pertanian Amerika hanya sekitar 5 persen namun dapat mencukupi kebutuhan masyarakatnya bahkan dapat mengekspor komoditas pertaniannya, dibandingkan dengan hasil pertanian Indonesia yang belum bisa mencukupi kebutuhan seluruh masyarakat Indonesia.

HM Hatta Rahman juga bercerita, meski banyak yang bisa dicontoh dari warga Amerika, bukan berarti semua bisa ditiru. Budaya masyarakat Indonesia berbeda dengan budaya Amerika. Contohnya peristiwa shutdown Amerika merupakan pengaruh dari diskriminasi ras.

“Banyak senator Amerika yang masih menganggap presiden Amerika Serikat Obama tidak pantas menjadi presiden karena berkulit hitam. Berbeda dengan Indonesia yang proses demokrasinya berjalan cukup baik. Kita adalah negara berpenduduk muslim terbesar yang menganut sistem demokrasi. Itu salah satu kebanggaan kita,” pungkasnya. (*)

Tags: Lain-lain


Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Kabar Terbaru