Ramadhan Saat Sangat Spesial Bagi Bupati Maros

Ramadhan Saat Sangat Spesial Bagi Bupati Maros

Bupati Maros HM Hatta Rahman di Masjid al Markaz Maros. (Foto: Humas Pemkab Maros)

Maros – Bulan ramadhan ini menjadi saat sangat spesial bagi Bupati Maros HM Hatta Rahman, sebab dirinya dilantik menjadi Bupati Maros pada 1 Ramadhan 1431 atau bertepatan dengan 11 Agustus 2010 lalu.

Sehingga tahun ini, dirinya bersama Wakil Bupati Maros HA Harmil Mattotorang telah tiga tahun memimpin Maros. Demikian dikemukakannya usai menyumbangkan satu tahun gajinya di Masjid Al Markaz Maros, Jumat (12/7/2013) kemarin.

Tiga tahun ini, sejumlah kemajuan telah dicapai, yakni bidang keuangan, kepegawaian, kebersihan, penerangan, dan perbaikan jalan.

“Ini yang menjadi fokus utama kita dalam membangun Maros,” ujarnya.

Di bidang kebersihan, Maros berhasil meraih Piala Adipura sebagai sejarah baru Maros. Penerangan jalan, juga mengalami kemajuan, Maros yang dulu identik dengan istilah mapettang (gelap) kini menjadi matajang (terang) karena Pemkab Maros mengangarkan pemasangan 2.500 lampu jalan.

Sementara di bidang perbaikan jalan, diprogramkan membangun jalan beton 60 km setiap tahun dan meningkat menjadi 100 km per tahun.

“Dulu dalam rencana pembangunan jangka menengah (RPJM) Kabupaten Maros, kita menargetkan membangun jalan 60 km setiap tahun, ternyata jalan yang rusak lebih banyak sehingga target kita naikan menjadi 100 km per tahun. Tahun depan kita menargetkan membangun jalan sepanjang 120 km,” ujarnya.

Ketua DPD PAN Maros ini menambahkan, pembangunan di Maros sangat pesat terbukti dengan meningkatnya belanja pembangunan. Pada 2010 belanja pembangunan di Maros hanya sekitar Rp 100 miliar dan tahun ini meningkat menjadi Rp 269 miliar.

“Keuangan Pemkab Maros juga sudah kita benahi, utang kita yang nilainya di atas Rp 100 miliar pada pemerintah pusat, provinsi, dan kabupaten sudah kita selesaikan. Tahun ini kita targetkan Maros akan bebas dari utang, sekarang ini utang kita sisa Rp 10 miliar, bukan karena kita tidak bisa lunasi tapi hanya masalah administrasi saja,” ungkapnya.

Ditambahkannya, Maros mencatat prestasi sebagai kabupaten pertama yang membayar gaji 13 di di Indonesia selama dua tahun berturut-turut. Di bidang kepegawaian, Maros juga memberlakukan job tender yang sekarang dipopulerkan oleh Gubernur DKI Jakarta Jokowi.

“Kita lebih dulu melakukan job tender dibanding Jokowi, dengan job tender kita menempatkan  pegawai sesuai keahliannya. Dengan job tender semua berkesempatan menduduki jabatan sesuai kompetensi,” katanya lagi. (Alim/Ilo)

Tags: Lain-lain


    yus / Reply

    Selamat Menunaikan Ibadah Puasa Semoga Amal Ibadah kita di terima “kami sekeluarga mendoakan Bapak Bupat semoga senang tiasa di beri kesehatan Jasmani dan Rohani Untuk lebih memajukan lagi Kab. Maros kearah yang lebih bak (Bersih, Aman, Inovatif , Kreatif )

    “Ajak, Rawat, Uswatun Hasanah”

Leave a Reply

Kabar Terbaru