Pemkab Maros Gelar MTQ dan Peringati Nuzulul Quran

Pemkab Maros Gelar MTQ dan Peringati Nuzulul Quran

Bupati Maros HM Hatta Rahman membuka Festival Gema Ramadan (FGR)

Maros – Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) Tingkat Kabupaten Maros digelar. Bupati Maros HM Hatta Rahman membuka secara resmi MTQ yang juga dirangkaikan dengan Peringatan Nuzulul Quran di pelataran masjid Al Markaz Al Islami Maros, Kamis (25/7/2013) malam.

Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, MTQ tingkat kabupaten ini diselenggarakan pada bulan Ramadhan, bukan hanya tingkat kabupaten Seleksi Tilawatil Quran (STQ) juga digelar secara serentak di 14 kecamatan se-Kabupaten Maros.

“Tahun ini cukup berbeda, karena kita melihat tahun-tahun sebelumnya STQ dan MTQ di luar Ramadhan tidak semarak dan tidak ada penontonnya, yang jadi peserta itu juga yang jadi penonton sehingga sepi, padahal MTQ harusnya menjadi syiar Islami yang dapat menularkan cinta Al Quran pada masyarakat,” ujarnya.

Digelarnya MTQ pada bulan Ramadhan diharapkan syiar Islam yang dibawa bisa lebih tepat sasaran ke masyarakat. Karena usai melaksanakan salat tarwih masyarakat bisa menonton MTQ ini.

“Jangan usai tarwih malah pemuda-pemudi mojok. Lebih baik nonton MTQ dan semoga bisa menjadi inspirasi dan motivasi bagi anak-anak atau pemuda untuk cinta Al Quran,” tegasnya.

MTQ ini diikuti sekitar 174 peserta dan melombakan hapalan 10 juz, 20 juz dan 30 juz. Lomba tafsir Al Quran dengan menggunakan tiga bahasa yakni bahasa Indonesia, bahasa Inggris dan bahasa Arab. Diperlombakan juga kaligrafi dan menyusun karya ilmiah kandungan Al Quran, serta lomba tilawah untuk penyandang tunanetra. Sementara hadir menyampaikan hikmah Nuzulul Quran Ust Rahman Qayyum. (Alfi/Ilo)

Tags: Keagamaan


Leave a Reply

Kabar Terbaru