Diresmikan Bupati Maros, Pasar Camba Berkonsep Pasar Moderen

Diresmikan Bupati Maros, Pasar Camba Berkonsep Pasar Moderen

Maros –  Pasar Camba diresmikan penggunaanya oleh Bupati Maros HM Hatta Rahman, Rabu (19/6/2013). Pasar yang juga dikenal dengan nama Pasar Tobonggae ini berkonsep pasar moderen. Bupati Maros HM Hatta Rahman berharap pasar ini dapat menggerakkan kembali roda perekonomian masyarakat.

Bupati Maros HM Hatta Rahman Meresmikan Pasar Tobonggae Camba. (Foto: Ilo)

Sementara Kepala Dinas Koperasi Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Maros, Thamrin Gassing menjelaskan, konsep pasar moderen yang dimaksud adalah pembuatan kanopi, pemasangan paving blok dan pembuatan drainase dalam area pasar.

Pasar ini mengalami renovasi berat pada September 2012 lalu. Pengerjaannya selesai tepat waktu selama tiga bulan dan rampung pada Desember 2012. Renovasi berat itu meliputi renovasi kantor pasar satu unit dan renovasi kios, lods serta lapak.

Jumlah kios dan lods yang dibangun sebanyak 400 buah atau disesuaikan jumlah pedagang yang menjual di pasar tersebut. Pasar itu sebelumnya pernah direnovasi pada 1977 lalu, sehingga kondisinya memang sudah layak untuk direnovasi.

Sumber anggaran renovasi dari APBN dan APBD selama dua tahun anggaran. Dari Kementerian Perdagangan RI Rp 4 milyar, APBD tahun 2012 Rp 75 juta dan APBD tahun 2013 Rp 400 juta. Sehingga total anggaran yang digelontorkan untuk pasar tersebut mencapai kurang lebih Rp 4 milyar.

“Pasar ini semula hanya ditempati bertransaksi dua kali seminggu. Namun dengan arahan Bupati Maros dan direspon baik para pedagang, waktu transaksi pun digelar tiga kali seminggu, yakni setiap Selasa, Jumat dan Minggu,” ujar Thamrin Gassing.

Dalam peresmian ini Bupati Maros juga menyerahkan sejumlah bantuan. Diantaranya bantuan perkuatan modal usaha koperasi dan usaha mikro, kecil dan menengah senilai Rp 5 juta. Bantuan pada Kelompok Tani Kelurahan Mario Kecamatan Camba berupa satu mesin pengolahan cabe. Serta penyerahan secara simbolis penempatan kios. (Ilo)

Tags: Pasar


Leave a Reply

Kabar Terbaru