Cara Bupati Maros Raih Adipura

Cara Bupati Maros Raih Adipura

Maros – Sejarah mencatat, untuk pertama kalinya Kabupaten Maros meraih piala Adipura tahun 2013 ini. Bupati Maros HM Hatta Rahman menjelaskan, piala Adipura diraih Maros dengan bekerja keras melibatkan semua pihak yakni pemerintah kabupaten, muspida, dan masyarakat.

Bupati Maros HM Hatta Rahman, Wakil Bupati Maros HA Harmil Mattotorang dan Sekretaris Daerah Maros H Baharuddin Berbincang usai Rapat Koordinasi terkait Adipura. (Foto: Adnan)

“Kami menggunakan prinsip resopatemmangingngi atau kerja keras tanpa kenal lelah dari semua pihak,” ujarnya saat ditemui di ruang kerjanya beberapa waktu lalu.

Menurutnya, Maros sebenarnya sudah layak meraih Adipura di tahun sebelumnya namun gagal karena nilainya kurang beberapa poin saja.

“Perbaikan dan kekurangan tahun-tahun sebelumnya diperbaiki dan disempurnakan. Perbaikan dimulai dari penambahan armada kebersihan, bak sampah, motor sampah, hingga penambahan tenaga kebersihan yang saat ini mencapai 300 orang,” katanya.

Tenaga kebersihan sebanyak 300 orang ini ditingkatkan honornya agar semangat bekerja. Honor bulanan dibayar tepat waktu setiap tanggal 29, juga berikan uang lembur, termasuk para sopir angkutan sampah.

Faktor penting lainnya yakni membenahi TPA di Kande Api dari TPA jorok menjadi TPA ramah lingkungan. “Air limbah TPA yang jorok kita olah lalu alirkan ke bak penampungan menjadi air tempat berkembang biaknya ikan,” katanya.

TPA juga nantinya akan dikembangkan menjadi lokasi kebun wisata yang menghasilkan berbagai jenis buah-buahan. Kebun ini akan dibuka untuk umum sehingga mereka dapat melihat langsung kebersihan TPA Kande Api.

Piala Adipura adalah penghargaan bagi kota di Indonesia yang berhasil dalam kebersihan serta pengelolaan lingkungan hidup, piala ini diserahkan oleh Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono di Istana Negara Jakarta pada Senin (10/6/2013), kemudian akan diarak keliling kota Maros pada Selasa (11/6/2013). (Alim/Ilo)

Tags: Adipura


    sitti supiyati / Reply

    Mantap…….tingkatkan

    darmawati / Reply

    Maros…..Maju terus !!!Kami maasyarakatmu mendukungmu teruuusss!!!

    ismail / Reply

    ayo marosku maju terus untuk yang kedepannya maros yang lebih baik.

Leave a Reply

Kabar Terbaru