Dispenda Maros Studi Banding Pajak di Kukar

Dispenda Maros Studi Banding Pajak di Kukar

Kepala Dispenda Maros, Nuralim. (Foto: Adnan)

Maros – Untuk mengetahui pelaksanaan pengalihan Pajak Bumi dan Bangunan (PBB) menjadi pajak daerah dan pengelolaan pajak dan retribusi daerah, Dinas Pendapatan Daerah (Dispenda) Maros  melakukan kunjungan kerja ke Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar).

Menurut Kepala Dispenda Maros H Nuralim kunjungan ini dilakukan pekan lalu. Kunjungan kerja ini dipimpin Wakil Bupati Maros HA Harmil Mattotorangan. Dalam dialog dengan Pemkab Kukar, dijelaskan kalau APBD Kabupaten Maros tahun 2013 sebesar Rp931,4 miliar. Sementara target perolehan PAD (pendapatan asli daerah) sebesar Rp90 milyar.

Pengalaman Pemkab Kukar dalam pengalihan PBB menjadi pajak daerah dijelaskan oleh Kepala Dispenda Kukar Irvan Prananda yang mengemukakan kalau merupakan kesempatan bagi daerah meningkatkan PAD, karena selama ini APBD Kukar didominasi perolehannya dari dana bagi hasil migas bukan dan PAD.

“Kunjungan ini untuk mempermantap kesiapan Pemkab Maros dalam pelaksanaan pengalihan PBB menjadi pajak daerah,” ujarnya saat menghadiri diskusi panel di kantor Bupati Maros, Jumat (3/5/2013).

Selain Kabupaten Kukar, studi banding ini juga dilakukan di Kota Balikpapan.

Tags: Keuangan


Leave a Reply

Kabar Terbaru