Air Bendungan Lekopancing Jadi Milik Masyarakat Maros

Air Bendungan Lekopancing Jadi Milik Masyarakat Maros

Maros – Setelah sekian lama memperjuangkan kepemilikan dan pemanfaatan air Bendungan Lekopancing di Kecamatan Tanralili, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros akhirnya menuai hasil. Pemerintah pusat telah menyetujui pengalihan air bendungan Lekopancing untuk PDAM dan masyarakat Maros.

Bupati Maros HM Hatta Rahman saat Mengunjungi Bendungan Lekopancing, Maros. (Foto: Dok. Humas Pemkab Maros)

Air bendungan Lekopancing yang selama puluhan tahun dinikmati masyarakat kota Makassar kini akan dinikmati masyarakat Maros, hal ini diungkapkan Bupati Maros HM Hatta Rahman, Minggu (5/5/2013).

“Dengan pemanfaatan bendungan Lekopancing ini, cadangan air bersih Maros sudah cukup. Dari Lekopancing bisa menutupi kebutuhan air di Maros dan untuk pertanian masyarakat Tanralili dan sekitarnya tapi memang proses pengalihan bendungan Lekopancing ini memakan waktu antara satu sampai dua tahun,” jelasnya.

Lamanya proses pengalihan ini karena PDAM kota Makassar diberi kesempatan untuk mengambil air dari bendungan Bili-bili. Jika Makassar telah siap Maros baru bisa memanfaatkan secara penuh bendungan Lekopancing untuk kebutuhan masyarakat Maros.

Tidak ada ganti rugi dari Pemkab Maros ke Pemkot Makassar karena itu milik pemerintah pusat. Selama ini, Pendapatan Asli Daerah dari bendungan Lekopancing hanya Rp12 juta per tahun dan pemanfaatan Lekopancing oleh PDAM Makassar telah berlangsung sejak 1975.

Sebelumnya PDAM Maros hanya menikmati kapasitas 50 liter per detik dari bendungan Lekopancing ini. Dengan pemanfaatan secara penuh bendungan ini oleh Pemkab Maros maka kapasitas air yang diperoleh bisa mencapai 1000 liter per detik.

Selain Lekopancing, sumber air bersih Maros hanya Bantimurung. Dengan kebutuhan air bersih masyarakat yang semakin meningkat Bantimurung yang berkapasitas 5000 liter per detik akan kesulitan memenuhi kebutuhan se kabupaten Maros. Dengan tambahan 1000 liter per detik dari Lekopancing diharapkan dapat memenuhi kebutuhan air bersih masyarakat Maros. (Alfi)

Tags: Asset


    AHMAD AMIRUDDIN / Reply

    sebagai masyarakat Tanralili saya sangat gembira membaca berita ini. Terima kasih bapak Bupati Maros…..

    sukri / Reply

    Yang dibelakang bapak bupati kadis PU ya…

Leave a Reply

Kabar Terbaru