Pemkab Maros Berikan Tunjangan Purna Bakti Kades

Pemkab Maros Berikan Tunjangan Purna Bakti Kades

Bupati Maros HM Hatta Rahman Menyerahkan Dana Purnabakti Kepada Seorang Mantan Kades. (Foto: Ilo)

Maros – Untuk pertama kalinya, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros memberikan tunjangan kompensasi bagi kepala desa (kades) yang tidak lagi menjabat. Kompensasi purna bakti ini diberikan kepada kades yang tidak lagi menjabat sejak tahun 2010.

Bupati Maros HM Hatta Rahman menyerahkan dana purna bakti ini di hall utama kantor Bupati Maros, Senin (25/2). Jumlah dan kompensasi yang diberikan sebesar Rp5 juta per orang dan diberikan kepada 25 orang mantan kades.

Menurut Kepala Badan Pemberdayaan Masayarakat dan Pemerintahan Desa (BMPD) Andi Mallarangan, kompensasi bagi akdes yang purna ini sebagai ucapan terima kasih atas pengabdiannya selama menjadi kades. Apalagi kades selama ini memang tidak memiliki gaji.

“Selama ini kades tidak dapat gaji, baru pada tahun 2011 lalu Pemkab Maros mengalokasikan tunjangan sebesar RP750 ribu per bulan untuk kades. Jadi selama ini kades betul-betul hanya mengabdi,” papar Andi Mallarangan.

Salah satu Kades yang memasuki masa purna bakti kades Limapoccoe kecamatan Cenrana Umar mengatakan dirinya sangat bangga terhadap kebijakan Bupati Maros karena baru kali ini ada kompensasi kepada kades yang selesai menjabat.

“Semoga kades yang menjabat sekarang bisa bekerja lebih  baik lagi, kinerja kades semakin meningkat dalam hal pelayanan terhadap masyarakat,” pungkas Umar yang telah mengabdi sebagai kades selama 17 tahun. (Alfi)

Tags: Kades


Leave a Reply

Kabar Terbaru