Home / Ekonomi / BPSK Maros Terima Puluhan Aduan Konsumen

BPSK Maros Terima Puluhan Aduan Konsumen

AS Chaidir Syam, Anggota Majelis BPSK Maros. (Foto: Ilo)
AS Chaidir Syam, Anggota Majelis BPSK Maros. (Foto: Ilo)

Maros – Sejak dilantik Oktober 2012 lalu, Badan Penyelesaian Sengketa Konsumen (BPSK) Kabupaten Maros telah menerima puluhan aduan masyarakat selaku konsumen.

Aduan yang diterima mayoritas tentang kecurangan pedagang dalam menjual barang dagangannya. Demikian dijelaskan anggota majelis BPSK, AS Chaidir Syam di ruang kerjanya, Rabu (27/2/2013) kemarin.

“Mayoritas aduan dari pelanggan pasar, ada beberapa pedagang yang timbangannya tidak sesuai sehingga merugikan masyarakat. Aduan lain yang masuk beberapa minimarket antara harga yang dipajang dengan harga di barcode barang berbeda,” ujar anggota majelis BPSK dari unsur konsumen ini.

Dari aduan tersebut BPSK Maros kemudian merekomendasikan ke Dinas Koperasi, Perindustrian dan Perdagangan (Koperindag) Maros untuk melakukan tera ulang alat ukur takar timbang dan perlengkapannya terhadap seluruh pedagang pasar di Maros.

Sedangkan untuk aduan harga yang berbeda antara barcode dan yang dipajang, BPSK memanggil manajemen minimarket agar masyarakat tidak dirugikan. Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Maros ini meminta kepada masyarakat selaku konsumen untuk betul-betul memanfaatkan kehadiran BPSK dengan baik.

“Ketika konsumen merasa dirugikan, jangan segan-segan untuk melapor. Karena salah satu tugas BPSK adalah mengembalikan dan melindungi hak-hak para konsumen sehingga pedagang tidak semena-mena dalam menjual,” paparnya.

Sementara, Dinas Koperindag Maros berjanji melakukan tera ulang alat ukur timbang dan perlengkapannya terhadap seluruh pasar di 14 kecamatan di Maros. Tera ulang ini akan dilakukan sesuai rekomendasi BPSK dan akan dilaksanakan pada tanggal 4 Maret hingga 14 Maret mendatang.

BPSK sendiri terdiri dari 9 anggota majelis, 3 orang dari unsur konsumen, 3 orang dari unsur pemerintah dan 3 lainnya dari unsur pengusaha. Konsumen bisa melaporkan aduannya ke sekretariat BPSK Maros Jl Dr Ratulangi atau eks kantor Dinas Koperindag Maros. (Alfi)

Check Also

Upaya Kendalikan Inflasi dan Stabilitas Harga Kebutuhan Pokok, Bupati dan Wabup Maros Dampingi Pj Gubernur Sulsel Tinjau Pasar Rakyat Butta Salewangang

Maros–  Bupati Maros HAS Chaidir Syam dan Wakil Bupati Hj Suhartina Bohari bersama Unsur Forkopimda …

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.