Home / Headline / Pemerintahan / 73 Ribu Warga Maros Terima E-KTP

73 Ribu Warga Maros Terima E-KTP

Maros  – Sekitar 73 ribu warga Kabupaten Maros telah menerima elektronik Kartu Tanda Penduduk (e-KTP). Penyerahan e-KTP dilakuksan secara simbolis oleh Bupati Maros HM Hatta Rahman saat pelaksanaan Musyawarah Perencanaan Pembangunan (Musrenbang) Kecamatan Simbang di Panti Sosial Bina Remaja Makkareso, Simbang, Selasa (12/2/2013).

 e-KTP Maros
Penyerahan e-KTP Maros (Foto: Ilo)

Menurut Kepala Bidang Pengelola Informasi Administrasi Kependudukan pada Dinas Catatan Sipil dan Administrasi Kependudukan Laurensius Nong Kese, total e-KTP yang telah ada dan dibagi ke masyarakat 73 ribu dari 196 ribu yang telah direkam oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Maros. Sementara sisanya masih menunggu kiriman e-KTP dari pusat.

“Untuk jumlahnya, paling banyak kecamatan Simbang yakni 10.700 e-ktp, kebetulan memang kecamatan Simbang paling cepat selesai proses perekamannya. Sedangkan tiga kecamatan yang belum ada sama sekali adalah Moncongloe, Mallawa dan Tompobulu,” jelas Laurensius.

Sedangkan Wakil Ketua DPRD Maros, AS Chaidir Syam mengingatkan kepada masyarakat Maros yang belum melakukan perekaman data e-KTP agar segera mendatangi kantor camat masing-masing. Hal ini penting untuk keakuratan data sehingga tidak ada lagi data ganda ataupun identitas ganda.

“Mumpung masih gratis, masyarakat yang belum direkam datanya agar segera ke kantor Camat. Tahun 2014 mendatang sudah akan dikenakan biaya. Kalau tahun ini masih gratis karena dibiayai oleh negara,” ujarnya.

Ditambahkan, e-KTP ini sangat penting, selain untuk data pemilih dalam pemilu mendatang, juga untuk kebutuhan lainnya, apalagi ini e-ktp berlaku seumur hidup jadi ini menjadi kartu identitas kita selamanya. Chaidir berharap, dengan pemberlakuan e-KTP ini data penduduk di Indonesia khususnya Maros semakin akurat. (Alfi)

Check Also

Bupati HAS Chaidir Syam Pimpin Langsung Apel Perdana 2024 ASN Lingkup Pemkab Maros

Maros–  Memasuki hari pertama kerja di tahun 2024, Pemerintah Kabupaten Maros menggelar Apel Perdana jajaran …

8 comments

  1. wahhh selamat ya, kalo kota saya kapan ya?? heheh

  2. lebih baik mana E_KTP atau ktp yang dulu manfaatnya?

  3. AHMAD AMIRUDDIN

    bagaimana sebenarnya tentang larangan foto kopi e- KTP..???

  4. e-ktp bukan seumur hidup!

  5. ADA YANG BISA BANTU SAYA MENCARI ORANG IDENTITASNYA
    NAMA SAMSIA S.Sos alamat dulu di panjallingan maros utara kab maros

  6. E-ktp ternyata seumur hidup .bagi yang belum agar secepatnya di urus umpung gratis.

  7. di kecamatan marusu, banyak laporan dari warga kalo camatnya menjual belikan tanda tangannya, mohon bawasda di periksa kebenarannya

    • betul pak erwin…saya termasuk di dalamnya…waktu mau urus perpanjangan HO, pak camat meminta 500 ribu utk 1 tanda tangan, padahal waktu itu sy butuh 2 tanda tangannya tapi karena tdk bawa uangm terpaksa cuma 1 yang ditanda tangani. transaksinya juga tidak mau di waktu jam kerja, tapi pada waktu semua pegawai sudah pulang.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

.