Bupati Maros Tinjau Pembangunan Pengolahan Air Minum

Bupati Maros Tinjau Pembangunan Pengolahan Air Minum

Maros – Bupati Maros HM Hatta Rahman meninjau pembangunan pengolahaan air bersih melaui Sistem Penyediaan Air Minum (SPAM) Ibu Kota Kecamatan (IKK) Lau di Lingkungan Majannang Kelurahan Boribellaya Kecamatan Turikale Kabupaten Maros,  Selasa (19/5/2015).

SPAM IKK Lau ini dibangun dengan sumber air yang berbeda dengan IKK lainnya. Sebelumnya semua proyek air bersih mengambil air dari Bantimurung dan Lekopancing, namun untuk IKK Lau ini sumber airnya berasal dari Sungai Maros.

“Kapasitas air Sungai Maros mencapai 20 liter per detik. Dengan kapasitas air sebesar ini jika dimaksimalkan maka kebutuhan air masyarakat Lau dan Bontoa bisa terpenuhi. Khususnya pada musim kemarau, masyarakat Bontoa sering kekurangan air,” ujarnya.

Sementara Direktur PDAM Maros Abd Baddar mengatakan, proyek SPAM IKK Lau merupakan proyek ketiga dari APBN. Sebelumnya ada proyek IKK Tanralili dan IKK Marusu.

“Untuk instalasinya akan sampai di Kecamatan Bontoa sehingga masyarakat dapat menikmati air bersih. Kita berharap tahun 2016 kebutuhan air bersih masyarakat dapat dipenuhi,” ujarnya.

Pembangunan ini menggunakan anggaran sebesar Rp 7,6 M dari APBN 2014-2015 dan ditarget mulai difungsikan pada akhir tahun ini. (Ilham)


Leave a Reply

Kabar Terbaru